Ternyata Jarak Kursi Penumpang Pesawat Sudah di Atur

kursi pesawat

Apakah anda pernah merasakan ketidaknyamanan saat duduk di pesawat lantara jarak antara bangku depan dan bangku Anda sangat sempit? Ini semakin terasa mengganggu ketika harus menempuh perjalanan menggunakan pesawat dalam waktu yang lama. Pegalnya bukan main!
Namun ternyata jarak antara bangku untuk ruang kaki juga termasuk hal yang harus diperhatikan saat memilih penerbangan lho. Alasannya bukan hanya untuk kenyamanan saat penerbangan, tapi juga untuk keselamatan.  Ada luas minimal yang dimiliki pesawat untuk ruang kaki yang harus dipenuhi demi keselamatan penumpang.
Mengutip Sindonews yang melansir Nine, seorang pakar pesawat terbang  Kanada Jan Davies menjelaskan, sempitnya ruang untuk kaki itu memiliki implikasi yang serius terutama keselamatan jika terjadi keadaan darurat. Sebab adanya sempitnya ruang gerak kaki di kelas ekonomi sehingga membuat mereka sulit untuk menghimpitkan kedua kakinya.
Padahal posisi tersebut sangat penting bagi penumpang untuk dilakukan saat pesawat terbang diharuskan melakukan pendaratan darurat di darat atau di atas air. Posisi yang melibatkan badan Anda sedikit menekuk hingga wajah menyentuh lutut dengan meletakkan tangan di belakang kepala, ini akan meminimalisir risiko patah tulang dan melindungi kepala dari kejatuhan benda dari atas.
Oleh karenanya, Jan Davies menyarankan agar  jarak antara kursi depan dengan belakang lebih dari 30 inci atau 76,2 cm. Jika kurang dari itu akan menyulitkan orang-orang dengan postur badan tinggi dan besar untuk melakukan posisi menghimpit kaki ketika terjadi keadaan darurat.

Comments